Sengketa Pilkada Belu Menunggu Putusan MK, KPU Persiapkan Kemungkinan Terburuk

  • Bagikan
Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, Herlince E. Asa/Foto: MP-Gerbang Indo

Atambua, GerbangIndoMahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang terakhir sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilkada Belu 2020, Senin (22/02/2021) lalu.

Selanjutnya, MK akan memutuskan sengketa Pilkada Belu itu dalam sidang dengan agenda pengucapan putusan yang dijadwalkan berlangsung 19-24 Maret 2021 nanti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu adalah termohon dalam sangketa PHPU Pilkada Belu dengan nomor 18 tersebut. Sedangkan pemohon adalah Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Willybrodus Lay-JT Ose Luan.

Juru Bicara KPU Kabupaten Belu, Herlince E. Asa mengatakan KPU Belu selaku termohon sudah mengikuti sidang di MK sebanyak tiga kali. Sidang keempat dengan agenda pengucapan putusan dijadwalkan akan digelar antara 19-24 Maret mendatang.

KPU Belu kata Herlince siap menerima apapupun keputusan MK karena keputusan MK merupakan keputusan tertinggi.

“Kita menunggu putusan MK. Apapun hasil putusannya, entah itu hasil terburuk atau baik, kita siap tindaklanjuti. Kita optimis saja semoga menang,” ungkap Herlince, ketika dikonfirmasi media ini, Kamis (04/03/2021).

Menurut Herlince, menghadapi sidang putusan nanti, KPU tidak ada persiapan khusus. Semuanya biasa saja karena KPU sudah memberikan semua keterangan kepada MK dalam sidang sidang selama ini.

Namun demikian jelas Herlince, persiapan KPU justru terjadi pasca sidang putusan.

Jika hasil putusan MK menang lanjut Herlince maka KPU akan melanjutkan tahapan yakni penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih. Lalu persiapan dokumen calon untuk disampaikan kepada pemerintah Kabupaten Belu melalu bagian Tata Pemerintahan (Tata Pem).

Namun terang Herlince, jika hasil terburuk misalnya pemilihan suara ulang (PSU) maka KPU akan melakukan berbagai persiapan seperti persiapan logistik, panitia adhock dan anggaran.

“Semua kemungkinan ini sudah dipersiapan KPU Kabupaten Belu sehingga pasca putusan MK nanti KPU langsung tindaklanjuti.

  • Bagikan