Skema Program dan Mandiri, Vaksinasi Dosis Booster Dimulai Awal Tahun Ini

Skema Program dan Mandiri, Vaksinasi Dosis Booster Dimulai Awal Tahun Ini/Ilustrasi Vaksin-Pixabay

Jakarta, GerbangIndo – Pemerintah tengah bersiap untuk melaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster yang direncanakan akan dimulai pada awal tahun ini.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi PPKM yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 3 Januari 2022.

“Akan ada direvisi, baik Peraturan Menteri Kesehatan maupun PP (Peraturan Pemerintah)-nya yang sedang disiapkan. Ini diharapkan akan segera dimulai,” ujarnya.

Baca Juga:  Percepat Vaksinasi, Kades Makir Lakukan Strategi Ini Agar Warga Divaksin
Airlangga menambahkan, pelaksanaan vaksinasi akan dijalankan melalui dua skema yaitu skema program dan mandiri.

“Keppresnya sedang disiapkan. Tetapi opsi itu tetap ada, di mana opsi yang berbasis PBI dan program dan mandiri. Opsinya ada nanti pelaksanaannya tergantung dari kebutuhan terhadap vaksin tersebut,” ujarnya.

Selain itu Menko Ekon menyampaikan, untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri, pemerintah menambah pintu masuk negara dan juga fasilitas karantina terpusat.

“Selain di Jakarta, disiapkan juga di Juanda maupun di tempat lain yang tentunya disiapkan kekarantinaan. Demikian pula, yang terkait dengan pintu darat, apakah itu yang ada di lintas batas, yaitu Entikong dan di Kalimantan Barat, dan selanjutnya juga yang masuk laut antara lain Batam, Tanjung Pinang, Kepri, yang seluruhnya juga disiapkan terkait dengan kekarantinaan,” pungkasnya.

[Mp-Gin/Setkab]

Tinggalkan Balasan