Kolaborasi JPIC SVD Bersama Pemda Belu, Biarawan-Biarawati Indonesia dan Timor Leste Gelar Penghijauan di Perbatasan

  • Bagikan
Gerbang Indo
Kolaborasi JPIC SVD Bersama Pemda Belu, Biarawan-Biarawati Indonesia dan Timor Leste Gelar Penghijauan di Perbatasan

ATAMBUA, GerbangIndo – JPIC SSpS-SVD Timor dan SVD-SSpS Timor Leste bersama Tarekat Putri Maranata, Pemerintah Daerah (Pemda) Belu dan Kelompok Pemerhati Lingkungan Hidup melakukan penghijauan di sekitaran perbatasan Motaain, Sabtu 19 November 2022.

Kegiatan penghijauan itu dilakukan dengan menanam ribuan anakan pohon di kawasan perbatasan RI-RDTL tersebut.

Ribuan pohon yang ditanam diantaranya 1200 Anakan Mangrove, 40 Cendana, 500 Oliander dan 150 Tanaman Hias disepanjang Pantai Motaain-Timor Leste.

Baca Juga:  APBPK Desak Bebaskan Akulina Dahu, Kapolres Belu: Proses Hukum Tetap Dilanjutkan

Vikjen Keuskupan Atambua, Pater Vinsen Wun, SVD mengatakan, Ensiklik Laudato Si dari Paus Fransiskus menyerukan perlunya pertobatan ekologis untuk menjadi perhatian berbagai kalangan yang memiliki keprihatinan yang sama atas rusaknya bumi sebagai rumah kita bersama.

“Keprihatinan dan seruan Paus Fransiskus untuk merawat bumi sebagai rumah kita bersama inilah yang harus dijaga dan dirawat agar memberikan kenyamanan kepada para generasi penerus. Sehingga perlu tindakan kongkrit untuk merawat dan memperbaiki,” ungkap Pater Vinsen.

Baca Juga:  Pemkab Belu Percantik Kawasan Takhta Patung Bunda Maria di Bukit Teluk Gurita

Pater Vinsen menuturkan pentingnya mengatasi perubahan iklim dan melindungi lingkungan hidup dari pemanasan global, pencemaran lingkungan dengan bahan kimia, cuaca ekstrim, berkurangnya air bersih dan air yang bermutu bagi manusia dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Baca Juga:  Wow! Disetujui DPRD, APBD Perubahan 2022 Kabupaten Belu 1 Triliun Lebih Termasuk Pimda, Simak Ini Rinciannya

“Mari kita bergandeng tangan merawat bumi kita sesuai semangat St. Fransiskus Asisi Tokoh Pecinta Alam Semesta. Uskup Atambua juga sangat memberi perhatian kepada implementasi Laudato Si dengan melakukan kegiatan penghijauan pada Aksi Adventus dan Aksi Puasa pembangunan beberapa tahun yang lalu,” ungkap Pater Vikjen.

  • Bagikan